Skill Yang Paling Banyak Dicari

Di era globalisasi seperti sekarang, skill yang paling dicari saat ini sudah sangat jauh berubah. Dulunya, perusahaan masih mencari karyawan yang dapat menulis nota dengan cepat atau dapat merekap penjualan di buku setiap hari. Namun sekarang tidak lagi seperti itu. Skill yang dibutuhkan sudah lebih kearah digital untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Berbicara mengenai skill yang paling banyak dicari saat ini, ada beberapa keterampilan yang dapat dipelajari. Skill ini dapat meningkatkan nilai tambah bagi para pencari kerja.

Skill Yang Paling Banyak Dicari

Digital Marketing

Di era seperti saat ini, banyak perusahaan yang sudah mengubah teknis marketingnya menjadi digital. Dulu banyak perusahaan yang meningkatkan penjualan dengan cara menambah banyak salesman atau membuka banyak cabang. Namun, digital marketing dapat mengganti teknik tersebut. Dengan tim digital marketing yang handal, perusahaan dapat membuat biaya marketing menjadi tepat sasaran. Digital marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan saja, namun juga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Lewat digital marketing perusahaan dapat melakukan promosi ke pasar yang lebih luas lagi.

Digital marketing biasanya bertugas untuk membuat konsep kampanye perusahaan yang akan dijalankan. Selain itu, ia membuat konten website perusahaan berupa artikel, video atau banner promosi atau iklan via media sosial. Dan terakhir, ia akan menganalisa dan mengoptimasi website perusahaan agar dapat menjadi trending di google.com. Kesuksesan digital marketing juga dapat dengan mudah diukur dari data yang ditampilkan di website atau media iklan yang sudah dipublikasi.

Keterampilan Yang Paling Banyak Dicari

Copywriting

Copywriting sangat erat kaitannya dengan digital marketing, namun dari pekerjaannya sangat berbeda. Jika digital marketing lebih kearah pengembangan media promosinya maka copywriting adalah konten atau isi dari media itu sendiri. Seorang copywriting dapat memposisinya diri bagaimana caranya membuat konten yang dapat menarik calon pelanggan ke tujuan perusahaan. Misalnya, digital marketing ingin mempromosikan sebuah produk via FB, maka copywriting bertugas membuat konten apa yang ingin ditampilkan.

Konten-konten yang dibuat dengan copywriting biasanya bersifat persuatif dengan bahasa-bahasa yang halus dan tersirat. Seorang copywriter tidak asal membuat konten atau tulisan yang langsung menekankan tujuannya, namun lewat permainan katanya tujuannya dicapaikan. Konten yang dibuat dapat berupat tulisan, gambar atau bahkan video sesuai dengan target dan tujuan dari iklan tersebut. Jika perusahaan sudah menerapkan digital marketing, maka seorang copywriter sangat diperlukan.

Keterampilan Yang Paling Banyak Dicari

Web Development

Tidak terlepas dari era digital, sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan perusahaannya agar dikenal lebih luas lagi tentunya wajib memiliki website. Untuk itu, diperlukan seorang web developer yang bertugas untuk membuat website perusahaan. Baik itu website yang hanya sekedar sebagai informasi profil perusahaan atau yang sekaligus sebagai toko online. Web development ini dapat bersifat terikat di perusahaan atau juga secara mandiri menyediakan jasa pembuatan website perusahaan.

Selain membuat website perusahaan, web development juga bertugas untuk memaintenance konten di website ataupun penambahan fitur yang ditaruh di website. Web development dapat membuat media portal yang dapat menghubungkan perusahaan dengan customer via App. App ini dapat diakses oleh pelanggan untuk memesan barang atau mengirim pesan. Perusahaan juga dapat lebih mudah dalam menyediakan support after sales service terhadap produk atau jasanya ke pelanggan.

Keterampilan Yang Paling Banyak Dicari

Cloud Computing

Pekerjaan di bidang cloud computing saat ini sedang meningkat pesat. Cloud computing adalah penyimpanan data di cloud. Saat ini banyak perusahaan yang beralih dari penyimpanan data server klasik ke penyimpanan cloud. Jika perusahaan menggunakan server sendiri, maintenance menjadi sangat besar baik dari investasi awal untuk hardware sampai ke konfigurasi data. Sedangkan jika menggunakan cloud computing, investasinya hanya berupa biaya sewa per bulan/per tahun sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

Salah satu cloud computing yang banyak digunakan adalah AWS (Amazon Web Services). AWS adalah salah satu platform cloud yang dapat menyimpan basis data, jaringan, dan lebih dari 50 layanan lainnya. Para profesional IT yang memiliki sertifikat AWS dapat memetakan, mengkonfigurasi dan menyeting data agar tersimpan dengan aman di cloud. Selain itu ia juga dapat memaintenance jika terjadi gangguan koneksi.

ERP Specialist

Di era digital dimana banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem. Baik itu software akuntansi, software payroll maupun software ERP yang sudah mencakup keseluruhan data. Untuk itu, dibutuhkanlah keterampilan seorang ERP Specialist yang memahami cara kerja sistem dan bagaimana penerapannya ke perusahaan. ERP Specialist ini dapat berupa orang yang mengimplementasikan sistem maupun yang menjalankan sistem.

Jika skill seorang karyawan hanya dapat mengakses data dari Ms. Excel saja. Maka ia sudah ketinggalan jauh dibandingkan dengan karyawan yang dapat menjalankan berbagai jenis sistem komputerisasi di perusahaan. Bagi sebuah perusahaan pun, kebutuhan akan adanya karyawan yang dapat menjalankan sistem adalah sebuah keharusan. Untuk itu, keterampilan ini sangat perlu terus diasa dan ditingkatkan.

Jasa Pembuatan Website

Nah, itulah beberapa skill yang paling banyak dicari saat ini. Lalu skill apa yang Anda sudah miliki? Share pengalaman Anda di bawah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *