Pada kondisi saat ini perusahaan, terutama bagian HR, memerlukan solusi untuk mendukung karyawan bekerja dari rumah (WFH) dan sebagian yang bekerja parsial dikantor (WFO). Tergantung dari kebijakan setiap perusahaan, ada yang lebih mengutamakan kehadiran, ada yang mengutamakan penjadwalan serta pengelolaan tugas karyawannya agar lebih mudah di monitor, atau keduanya.
Namun intinya, dengan memberikan pengalaman organisasi karyawan yang baik dalam setiap aktivitas bekerja, akan meningkatkan Employee eXperience (EX) di dalam perusahaan tersebut. Membaiknya tingkat pengalaman karyawan (EX) tadi akan menentukan tingkat kepuasan pengalaman pelanggan (CX) dikemudian hari karena karyawanlah yang berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda. Simak tentang CX di artikel lain.
Banyak pilihan aplikasi untuk melakukan bekerja dari rumah (WFH) atau bekerja parsial di kantor (WFO). Setiap aplikasi memiliki keunggualan dan fitur yang berbeda beda, tentu saja harganya berbeda pula. Berikut 5 aplikasi terbaik untuk membantu HRD perusahaan dalam melakukan evaluasi produktivitas dan kinerja karyawan berdasarkan fitur yang telah beradaptasi dengan kondisi saat ini:
5 Aplikasi Terbaik Manajemen Aktivitas Karyawan
Cherry HRIS
Cherry HRIS adalah program atau software HRIS yang membantu perusahaan didalam mencatat data karyawan, memproses gaji bulanan dan membuat laporan-laporan HR dan payroll yang dibutuhkan oleh management. Kecepatan dan fleksibilitas data menjadi keunggulan Cherry dibandingkan dengan software lainnya.
Module-module di Cherry HRIS juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan. Cherry HRIS berbasis web based yang dapat digunakan untuk berbagai jenis perusahaan tanpa ada batasan jumlah karyawan, jumlah user dan dapat digunakan untuk multi company. Selain membereskan masalah payroll, Cherry HRIS juga dapat membereskan permasalahan administrasi HR, pengembangan SDM dan proses rekruitment karyawan.
Data Personalia
Semua data karyawan mulai dari history kerja, data pribadi hingga ke dokumen-dokumen karyawan dapat disimpan di database yang dapat diakses kapan saja, dimana saja.
Payroll, PPH 21, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan
Proses gaji secara otomatis, hingga ke perhitungan untuk bukti potong PPH 21 dan BPJS yang sudah sesuai dengan peraturan yang terbaru yang akan diupdate jika ada perubahan.
Multi Company, Organization, Branch and Location
Cherry HRIS dapat mengakomodir jika perusahaan memiliki banyak cabang, anak perusahaan dan lokasi yang dapat diatur sesuai dengan regulasinya masing-masing tanpa harus beda database.
Employee Self Service (ESS)
Karyawan dapat mengajukan cuti, lembur, pinjaman dan melihat sisa cuti dan slip gaji langsung dari smartphone mereka tanpa harus buka dari komputer atau menanyakannya ke bagian HRD
Jibble
Pantau kehadiran tim Anda, apakah mereka bekerja di kantor, dari rumah atau di luar, Anda akan dapat memantaunya. Fitur yang di unggulkan dari Jibble adalah Face Recognition atau pengenalan wajah dan fitur Geolocarion dimana karyawan dapat terditeski dengan akurat diamana mereka berada. Jibble juga memiliki versi profesionalnya, seharga 3 dollar per-bulan untuk fitur payroll-nya.
Darwinbox
Software manajemen waktu dan kehadiran memungkinkan bekerja dengan beragam shift & daftar nama serta personalisasi cuti dan kehadiran. Dengan fitur-fitur seperti Geotagging, One View, Biometric Integration, dll. Anda dapat mengawasi dengan lebih baik cara penggunaan waktu yang berharga di tempat kerja oleh tenaga kerja Anda. Untuk harga dapat cek langsung di website resmi Darwinbox.
Tanda – Employee Time Clock
Tanda memiliki fitur yang cukup sama dengan aplikasi HR lainnya yaitu fitur GPS dan juga selfie. Selain itu, Satu hal yang diunggulakn dari Tanda adalah Anda dapat mengajukan cuti pada aplikasi. Tanda dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.
Empat aplikasi diatas menawarkan fitur yang beragam dan keempatnya mengunggulkan fitur kehadiran dengan Geolocation / GPS / Geotagging, Selfi, Face Recognition, notifikasi dan pengajuan cuti. Aplikasi ke-5, dan juga merupakan produk lokal adalah eBesha EX.
eBesha EX
Aplikasi Employee eXperience (EX) untuk meningkatkan produktivitas karyawan ini menawarkan fitur utama manajemen tugas harian beserta upload dokumen pendukungnya. eBesha EX juga dilengkapi dengan fitur kehadiran online berdasarkan Geotagging untuk melaporkan presensi dan absensi karyawan, serta pengajuan ijin, cuti, dan lembur yang realtime.
Informasi kepegawaian yang dibutuhkan karyawan, seperti benefit, slip gaji, dan lainnya juga dapat dilihat langsung dari aplikasi eBesha EX, sehingga tidak hanya memudahkan bagian HRD dalam sosialisasi, namun juga mempermudah karyawan dalam melihat data kepegawaiannya secara transparan.
Pada fitur manajemen tugas harian, Anda selaku atasan dapat memberikan tugas kepada staff Anda atau kolaborasi dengan departemen lain, sehingga koordinasi antar tim dan target harian dalam pekerjaan dapat dipantau dengan seksama secara realtime.
Fitur tersebut akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan bekerja dari rumah (WFH) atau bekerja parsial di kantor (WFO), yang akan memudahkan HRD perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawannya.
Informasi dan Pemesanan Software
Anda dapat mengundang kami juga untuk presentasi Software Cherry HRIS ini ke kantor Anda. Hubungi kami di 0819 9530 2077 atau info@akuntanesia.id sekarang juga. Kami siap membantu setiap permasalahan Software Cherry HRIS di kantor Anda.